UPPS

No.

Nomor Butir

Dokumen/Keterangan

1

-

Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi

 

 

 

2

 

 

 

1.2

·         Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi

·         SK pembentukan tim akreditasi

·         Dokumen mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)

·         Instrumen dan hasil survey pemahaman VMTS

·         SK penetapan VMTS

 

 

 

 

3

 

 

 

 

2.1

·         Dokumen SOP yang terkait tata pamong

·         Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPS

·         Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.

·         Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab.

·         Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan

 

 

4

 

 

2.2

·         Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dalam negeri dan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan.

·         Dokumen MoU dan MoA kerjasama dalam dan luar negeri

·         Dokumen bukti pelaksanaan kerjasama1.

 

 

5

 

 

2.3

·         Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/Sekolah Tinggi.

·         Dokumen hasil audit mutu internal

·         Dokumen monev hasil penjaminan mutu

·         Dokumen bukti tindak lanjut temuan

 

 

 

 

6

 

 

 

 

3.1

·         Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:

1.    Kebijakan penerimaan mahasiswa baru

2.    Kriteria penerimaan mahasiswa baru

3.    Instrumen penerimaam mahasiswa baru

4.    Sistem pengambilan keputusan

·         Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.

·         Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir

·         Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.

 

 

 

7

 

 

 

3.2

·         Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.

·         Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain:

1.    Minat dan bakat

2.    Bimbingan konseling

3.    Pembinaan softskill

4.    Keprofesian

5.    Beasiswa

6.    Kesehatan


 

 

·         Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

·         Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

·         Dokumen kegiatan pelacakan lulusan (tracer study)

 

 

 

 

8

 

 

 

 

4.1 dan 4.2

·         Dokumen sistem pengelolaan sumber daya manusia

·         Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

 

 

9

 

 

4.3

·         Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.

·         Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.

 

10

 

5.1

·         Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana.

·         Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan

·         Laporan audit keuangan

 

11

 

5.2

·         Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana

·         Daftar prasarana dan sarana pembelajaran

·         Dokumen pemilikan tanah

Program Studi

No.

Nomor Butir

Keterangan

12

-

·         SK ijin operasional PS

·         SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

1.1

·         Dokumen renstra dan renop PS

·         SK tim akreditasi/taskforce

·         Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat) (Draft II VMTS dan Draft III VMTS)

·         Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS dan PT.

·         Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS.

·         Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS.

·         SK penetapan visi keilmuan PS

14

2.1

·         Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS


 

 

·         Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.

·         Dokumen sistem tata pamong

·         Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab (job description)

·         Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan

·         Dokumen renstra dan renop PS

·         Dokumen SOP

 

 

 

15

 

 

 

2.3

·         Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu.

·         Dokumen hasil audit mutu internal

·         Dokumen monev hasil penjaminan mutu

·         Dokumen bukti tindak lanjut temuan

·         Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu.

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

3.1

·         Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:

1.    Kebijakan penerimaan mahasiswa baru

2.    Kriteria penerimaan mahasiswa baru

3.    Instrumen penerimaam mahasiswa baru

4.    Sistem pengambilan keputusan

·         Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.

·         Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir

·         Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru.

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

3.2

·         Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.

·         Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain:

1.    Minat dan bakat

2.    Bimbingan konseling

3.    Pembinaan softskill

4.    Keprofesian

5.    Beasiswa

6.    Kesehatan

·         Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

·         Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa.

 

 

 

 

18

 

 

 

 

4.1 dan 4.2

·         Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.


 

 

·         Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan.

·         Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS).

·         Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS.

·         Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir.

·         Data prestasi/rekognisi DTPS baik di tingkat internasional, nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir.

·         Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS

·         Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir.

·         Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

·         Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

5.1

·         Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.

·         Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir.

·         Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir

·         Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir.

·         Dokumen pengelolaan dana

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum.

 

 

 

 

20

 

 

 

 

5.2

·         Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT.

·         Dokumen kondisi dan kualitas prasarana dan sarana

·         Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana

·         Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain.

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana.

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

6.1

·         Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum

·         Dokumen analisis dan evaluasi pemutahiran kurikulum

·         Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS.

·         Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)

·         RPS mata kuliah

·         Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS.

·         Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS

·         Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM


 

 

·         Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS.

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS.

 

 

 

22

 

 

 

6.2

·         Dokumen pelaksanaan tridarma

·         Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan

·         Dokumen sistem pengembangan suasana akademik

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembelajaran.

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM.

 

23

 

6.2.2

·         Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran.

·         Dokumen bukti integrasi

 

 

24

 

 

6.2.3

·         Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)

·         Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan

·         Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

25

 

 

6.3

·         Dokumen panduan penilaian pembelajaran

·         Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum.

·         Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran.

 

 

 

26

 

 

 

6.4

·         Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya.

·         Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarana dan sarana dalam pembelajaran mikro.

·         Instrumen penilaian pembelajaran mikro

·         Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro

·         Data rekaman pembelajaran mikro

 

27

 

6.5.2.1

·         Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.

·         Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.

 

28

 

6.5.2.3

·         Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.

 

 

 

29

 

 

 

6.5.2.5

·         Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi

·         Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi.

·         Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS.

·         Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.

 

30

 

6.6.2.1

·         Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.

·         Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan

31

6.6.2.2

·         Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.


 

 

·         Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan.

 

 

32

 

 

6.7

·         Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana.

·         Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa

·         Hasil survei kepuasan mahasiswa

·         Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa

33

7.1

·         Dokumen pedoman penelitian

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian

34

7.2.1

·         Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED.

 

35

 

7.2.2

·         Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.

·         Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian.

 

36

 

8.1

·         Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat

·         Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat.

37

8.2.1

·         Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED.

 

39

 

8.2.2

·         Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir

·         Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM.

40

9.1.2.1

·         Data lulusan dalam 3 tahun terakhir

·         IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata)

 

41

 

9.1.2.2

·         Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir

·         Dokumen bukti prestasi mahasiswa

 

 

42

 

 

9.1.2.3

·         Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED.

·         Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi

·         Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.

 

 

43

 

 

9.1.2.4

·         Dokumen tertulis pelacakan lulusan

·         Instrumen pelacakan lulusan

·         Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED.

·         Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya.

·         Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan.

44

9.1.2.5

·         Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED.

 

 

45

 

 

9.1.2.6

·         Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan

·         Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.

·         Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna.


 

 

·         Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.

46

9.2.2.1

·         Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED.

47

9.2.2.2

·         Dokumen sitasi publikasi ilmiah

 

48

 

9.2.2.3

·         Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat.

·         Dokumen bukti adopsi

 

49

 

9.2.2.4

·         Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten.

·         Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)

 

50

Dokumentasi Video/Live

·         Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya.